Menulislah, dan Ubah Duniamu!

Menulislah, dan Ubah Duniamu!

Banyak cara untuk mengubah dunia. Menjadi aparat negara, politikus, pemimpin lembaga besar, dan lain sebagainya. Namun untuk menempati posisi-posisi tersebut, membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Menulis merupakan cara termudah untuk mengubah dunia. Mengapa?

Dengan menulis, kita bisa mengubah cara pandang seseorang. Dengan menulis, kita bisa menggoyahkan pendirian seseorang. Dengan menulis, kita bisa “membimbing” orang mengubah keputusannya. Menulis, berarti “mendesak” orang mengikuti ideologi kita.

Sampai saat ini, banyak sekali buku yang telah mengubah dunia. Karl Mark dengan bukunya Das Kapital. Buku ini mampu mengubah peradaban dunia. Atau buku The Origin of Species  tulisan Charles Darwin yang berhasil membunuh orang-orang kulit hitam karena teori evolusinya. Di dunia kedokteran, karya Ibnu Sina yang berjudul Canon of Medicine, masih menjadi rujukan yang kuat. (Tendi Murti: 2016)

Di Indonesia sendiri, banyak karya yang sudah mengubah peradaban. Sebagai contoh, buku Di Bawah Bendera revolusinya Ir. Soekarno, atau novel Laskar Pelangi yang memotivator semangat belajar yang memble karya Andrea Hirata. (Tendi Murti: 2016)

Buku-buku tersebut mampu mengubah dunia karena sang penulis mampu mengubah hidup mereka sendiri. Lalu mereka menuliskan “perubahan hidupnya” untuk mengubah dunia.
Jadi, berhentilah menyalahi kegagalan dunia. Mulailah mengubah peradaban. Menulislah untuk mengubah hidupmu. Dan ubahlah dunia dengan tulisanmu!


Bandung, Mei 2016
Khairiyah Kurnia

Comments